Pages

Kamis, 20 Oktober 2011

Perintah pada Terminal (Dunia Hitam) dalam Ubuntu

Halo ,ini postingan pertama ane ,artinya blog baru nih ,hihihi... maklum soalnya jarang nge-blog sekarang, oke deh tanpa dan ga pake lama ane langsung to the point-nya aja. 
di Praktikum Jarkom kemarin ane dikasih tugas nih gan, perintah tugasnya sbb:

1. Buatlah folder di Documents dengan Nama Masing-masing.
2. Kemudian di dalam folder Nama tersebut buat folder NIM
3. Kemudian di dalam folder NIM tersebut buat file nama.txt dan plug5.txt
4. Isikan nama, nim, dan plug di dalam file plug5.txt

Oke waktunya ngoding sekarang ^^ , pertama buka dulu terminalnya a.k.a "Dunia Hitam" *tenang ga se-seram namanya koq hehehe..* kemudian saat pertama masuk terminal kita kan masih berkedudukan sebagai user biasa, nah biar bisa  masuk sebagai momod atau admin biar punya hak penuh ke semua akses, kita bisa ketik perintah "sudo<spasi>su" ,lebih jelasnya ane kasi SS nya aja nih:



nah jelas kan... oke lanjut ke tahap selanjutnya,
sekarang kita akan membuat sebuah folder sekaligus isi dari soal diatas, tapi engga semudah seperti yg agan2 bayangin alias tinggal klik sana-sini, kalo itu sih manusia purba juga dah tau ,hehehe... biar unik kita buat foldernya dari terminal langsung ,penasaran gini nih caranya gan...

setelah tadi kita udah masuk sebagai admin alias momod di terminal ,sekarang kita ketik "cd<spasi>/[lokasi dimana agan mau buat foldernya]" kemudian hit enter, karena sekarang kita mau masuk ke folder Documents tinggal kita ketikin deh lokasi tempatnya, nah dengan gitu agan dah masuk ke place yg agan mau untuk buat sebuah folder. Sekarang cara untuk bikin foldernya ketik "mkdir<spasi>[nama folder]" lalu enter lagi, contohnya:

"mkdir Indra"



Oke sekarang masuk lagi ke folder itu dengan ngetik  "cd<spasi>/[lokasi  folder]" ,nah kalo sukses sekarang agan lagi ada di folder yg barusan agan buat ,nggak sesulit keliatannya kan, lanjut lagi ke soal berikutnya.
Di dalem folder yg tadi barusan dibuat kita buat lagi folder bernama "[NIM kita]" sebagai ilustrasi ane pake NIM ane sendiri, cara buatnya sama kayak yg sebelumnya, contoh:

"mkdir 123100031"


setelah itu masuk lagi ke dalam folder yg barusan dibuat,
gampang kan :)



Nah sekarang kita akan membuat isi dari foldernya yg bertipe ".txt" alias text document dengan cara:

 "touch [nama folder].txt"


ane buatnya satu-satu ,tp bisa koq dimodifikasi alias langsung buat 2 sekaligus dengan ngasih spasi diantara nama1 dan nama2 filenya. Untuk nge-check file yg brusan dibuat ketik aja "ls"
trus enter ,maka akankeluar semua file yang ada di folder itu.

Berikutnya ,untuk ngisi file yang mau kita isi kita pake' perintah "vi<spasi>[nama file]" 
sebelum ngisi file ada aturan yg harus kita ikuti dulu, karena ini masih di area terminal, caranya:

pertama-tama pencet tombol huruf  “  i ” pada keyboard. Setelah selesai membuat isi dari file tersebut, untuk keluar tekan tombol Esc pada keyboard satu kali kemudian tekan tombol
Shift + Q : dan kemudian ketik "wq" untuk keluar sekaligus menyimpan isi file yang telah kita buat ,lalu tekan Enter.

setelah selesai kita bisa check isi filenya dengan perintah "cat<spasi>[nama file]"



oke, selesai deh tugas kita, gampang kan gan... :)
semoga berguna infonya ,terima kasih udah membaca.. ^ ^

| informasi terbaru ?? |

0 komentar:

Posting Komentar